Wednesday, July 10, 2019

Edit Foto Bersama Artis/Idola

Halo ketemu lagi di blog Design Grafis dasar, dimana dalam blog ini saya membagi tips-tips buat ngedit foto menggunakan berbagai macam aplikasi, mulai dari aplikasi android ataupun pc. Kali ini saya bakalan ngasih tutorial seputar edit foto bareng artis/idola ya. Nah buat temen-temen yang pengen kayak difoto bareng artis-artis bisa cek tutorial dibawah, kali ini saya menggunakan aplikasi adobe potoshop.

Seperti biasa langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Buka Aplikasi Adobe Photoshop
Tunggu hingga aplikasi bentar benar-terbuka.
 Begini kira-kira tampilan saat starting aplikasi adobe potoshop

2. Maka setkah aplikasi terbuka, langkah selanjutnya adalah memasukan foto yang akan kita edit kedalam aplikasi photosop, langkah ini bisa bermacam-macam cara untuk melakukannya. Bisa di drop and drag taua bisa menggunakan menu file > open atau menggunakan shortkey ctrl+O.
3. Selanjutnya pilihlah foto yang ingin kita edit>
Pilih foto dan klik tombol open.

4. Setelah foto di pilih dan diklik tombol open maka tampilnnya aakan menjadi seperti ini. Ini merupakan foto yang akan kita gunakan sebagai backgroundnya.
5. Selanjutnya kalian plih foto kalian yang akan disandingakan dengan artis atau idola tertentu. Disini saya menggunakan menu file > place . Dan pilih foto yang kalian inginkan

6. Pilih foto/gambar yang ingin disandingkan.
7. Setelah foto yang kedua termuat maka langkah selanjutnya sesuaikan ukuran foto agar terlihat agak realistis, dibagian ini anda bisa menggunakan tombol shift dan gunakan kursor, agar foto saat dibesarkan/dikecilkan tidak sembarangan.

8. Kurang lebih foto yang kedua akan terlihat seperti ini saat disesuaikan dengan shift+kursor

9. Masih di layer foto yang kedua, selanjutnya kita ubah foto yang kedua agar bisa dihapus bagian yang tidak diperlukan atau menggunakan menu smart object. Opsi ini dilakukan lewat menu layer>Rasterize>Smart Object
10. Selanjutnya kita pilih/select object yang diperlukan. Dengan menggunakan Polygonal Laso Tool, pilihannya seperti ini.
11. Setelah terpilih tinggal kita tekan tombol delete, agar bagian gambar yang terpilih bisa dihapus dan nanti hasilnya akan seperti di bawah ini.
Note : Jika dilangkah ini ngeditan dirasa cukup maka tinggal menyimpan foto yang kita edit. Namun jika dirasa belum tinggal sesuaikan komposisi warnanya sebagaiman langkah-langkah berikut

12. Gunakan menu filter>sharpen>sharpen
13. Lalu gunakan fitur hue and saturation agar komposisi warna membuat terlihat realistis
14. Gunakan juga fitur vibrance
15. Setelah itu gunakan menu crop untuk memotong bagian gambar yang agak kurang perlu
lalu tekan enter atau ceklis diatas.

16. Hasilnya akan seperti ini
17. Untuk mengakhiri pengeditan maka langkah selanjutnya adalah kita mengklik menu file>save as
18. Dan namai foto yang baru diedit agar tidak tertukar ya :), terserah mau disimpan dimana aja ya.
Hasil gambar kira-kira seperti ini ya
Ini ceritanya abis kondangan temen yang ada di Paris, ya mumpung disitu ya kan nongkrong dulu eheheheh.

Terima kasih yang udah baca tutorial di blog ini, semoga bisa bermanfaat ya.



No comments:

Post a Comment