Saturday, March 30, 2019

Macam-Macam Software Desain Grafis

Di dunia yang penuh dengan hingar bingar serta dengan berkembangnya teknologi, begitu pun dengan dunia visual dan desain terus mengalami peningakatan yang signifikan. 
Pekerjaan dalam bidang visual dan desain pun tak kalah menarik dan patut untuk dicoba, namun bagi pemula ada baiknya mulai mempersiapkan diri untuk ikut bersaing dalam bidang desain grafis.
Untuk itu kali ini saya akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang dapat dicoba, adapun aplikasi berikut ada yang bersifat gratis dan berbayar.

A. Aplikasi Desain Gratis

  1. PosteRazor
    PosteRazor merupakan software yang digunakan untuk membuat poster, yang berfungsi memotong gambar raster menjadi potongan-potongan yang kemudian dapat dicetak dan dikumpulkan menjadi poster.
    PosteRazor menjadi software gratis yang sangat bagus untuk membuat poster. Dengannya, mempermudah Anda untuk membuat poster atau billboard.Pada program ini, potonglah gambar raster menjadi potongan-potongan, untuk kemudian dicetak dan dikumpulkan menjadi poster.Ukuran halaman dan orientasi printer dimana poster akan dicetak, nantinya bisa Anda atur secara manual, atau terdapat pilihan yang tersedia secara default yaitu DIN A4, DIN A3, Hukum, Surat, Tabloid.Untuk batas ukuran satu halaman adalah 5 meter (16,4 kaki). Dimana PosteRazor hadir dengan kemampuan cetak per raster. Anda bisa menyimpan poster ke dalam format PDF.
  2. Paint.Net
    Paint.Net adalah sebuah software hasil karya dotPDNLLC dan Rick Brewster yang berhasil mengembangkan software ini menjadi lebih menarik dan memiliki banyak feature. Aplikasi ini berfungsi sebagai foto editor sehingga Anda tidak perlu membeli software sejenis yang harganya cukup mahal. Selain itu Software ini juga berukuran kecil sehingga tidak memakan banyak memory ketika anda menjalankannya.
  3. Gimp
    GIMP merupakan kependekan dari GNU Image Manipulation Program, sebuah aplikasi manipulasi gambar yang memiliki dukungan sistem operasi paling banyak saat ini. Awalnya, GIMP dikembangkan khusus untuk desktop X11 yang berjalan pada platform Unix. Namun seiring waktu dan makin berkembangnya aplikasi ini, juga dibuat untuk platform lain seperti Windows, Sun OpenSolaris, FreeBSD, dan Mac OS X.
    Aplikasi alternatif ini tepat bagi desainer grafis pemula, bahkan seorang ahli sekalipun karena fitur serta kemampuannya tidak kalah dengan Photoshop atau aplikasi grafis lainnya. Bagi pengguna awam, tidak perlu khawatir akan kesulitan menggunakannya, karena di situs resminya disertakan panduan yang cukup lengkap, mulai dari dokumentasi hingga tutorial. Jika kamu rajin menjelajah internet, ada banyak pula komunitas pengguna GIMP sehingga memudahkan bagi kamu yang ingin belajar lebih jauh
  4. InkScape
    Inkscape adalah software gratis untuk desain vektor, yang mendukung sistem operasi Windows, Mac dan Linux. Software Inkscape bersifat open source. Padanya terdapat tool seperti spidol, klon, dan alpha blending. Software Inkscape ini berfungsi sebagai pengolah vector. Jika Anda selama ini mendengar tentang software Corel Draw dan Adobe Illustrator, maka fungsinya seperti itu. Dengannya Anda bisa membuat dan merancang suatau desain vector. Diluar sana terdapat banyak program desain vektor, Inkspace adalah salah satunya yang cukup bagus digunakan. Dibuat dengan kaya akan fitur, terdapat banyaknya tool penting untuk editing. Anda bisa menggunakan banyak sekali tool: spidol, membuat teks, klon, alpha blending, pola, transformasi, gradien, dan grouping. Program ini support creative Commons metadata, editing XML, mengedit node. Meskipun gratis, fitur-fitur yang ada pada software Inkspace lumayan bagus.
    Inkscape juga telah digunakan oleh kalangan profesional dalam membuat logo, ilustrasi, icon, diagram, peta, brosur, poster, pamflet, web grafis dan desain lainnya. Inkscape memiliki tools untuk menggambar yang secanggih Adobe Illustrator ataupun CorelDRAW. Inkscape memiliki kemampuan untuk mengimport berbagai format file seperti : PNG, SVG, AI, EPS, PDF, dan PS. Tidak ada salahnya untuk mencoba Inkscape.
  5. LibreCAD
    LibreCAD merupakan software open source alternatif untuk 2D dan 3D modelling dan desain suite AutoCad. LibreCAD memberikan kepada para pengguna baru dan profesional untuk masuk ke dunia 2D serta membuat 3D dengan mudah dan gratis. LibreCAD juga support untuk Windows, Linux, Unix, dan Mac OS X.
    Interface dari LibreCAD dibuat untuk kemudahan pengguna dalam membuat desain 2D, dengan luasnya kanvas, drawing tools, selector, daftar layer, dan lain sebagainya tentunya akan memudahkan kamu dalam menggunakan LibreCAD ini.
B. Aplikasi Desain Berbayar
  1. Adobe Photoshop
    adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi terbaru adalah Adobe Photoshop CC.
    Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.
  2. Corel Draw
    CorelDraw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 maret 2016. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya.
    Versi CorelDRAW untuk Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Versi terakhir untuk Linux adalah Versi 9 (Rilisan tahun 2000, itu pun perlu di jalankan dengan Wine) dan Untuk OSX adalah versi 11 (Rilisan 2001).
  3. Adobe IlustratorAdobe Illustrator merupakan aplikasi untuk mengolah serta mengedit desain atau gambar vektor, dimana aplikasi ini dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems. Adobe Illustrator tersedia di komputer, yang berarti aplikasi ini tidak bisa digunakan di perangkat lain seperti handphone, tablet, dan perangkat lainnya.
    Berbeda dengan Adobe Photoshop, Adobe Photoshop merupakan aplikasi pengolah gambar raster atau bitmap. Cara mengetahui apakah suatu gambar merupakan gambar vektor atau gambar raster adalah dengan cara diperbesar (zoom ataupun scale). Jika gambar telah diperbesar dan terlihat pecah-pecah, maka gambar tersebut termasuk jenis gambar raster. Jika gambar tidak terlihat pecah-pecah maka gambar itu adalah gambar vektor.
  4. Macromedia FreeHandadalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X.
    Macromedia FreeHand sangatlah mirip dalam pangsa pasar dan fungsionalitasnya dengan Adobe Illustrator. FreeHand diciptakan oleh Altsys dan dilisensikan ke Aldus, yang mengeluarkan versi 1 sampai dengan 4. Ketika Aldus bergabung dengan Adobe Systems, karena tumpang tindih pangsa pasar dengan Adobe Illustrator, maka Adobe mengembalikan FreeHand ke Altsys segera setelah merger (setelah sejumlah intervensi legal oleh Komisi Dagang Federal). Altsys kemudian dibeli oleh Macromedia, yang mengeluarkan FreeHand 5.0, 5.5 (Khusus Mac), 7, 8, 9, 10 dan 11/MX. Pada tahun 2005 Adobe membeli Macromedia, yang secara tak langsung mengembalikan FreeHand ke Adobe.
    Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.
    Versi terbarunya, FreeHand 11, dipasarkan sebagai FreeHand MXa, yang menunjukkan integrasinya dengan garis produk Macromedia MX, yang juga meliputi Macromedia Flash, Macromedia Dreamweaver, dan Macromedia Fireworks, serta masih banyak lagi yang lainnya.
  5. Affinity Designer
    Affinity Designer adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Serif untuk macOS, iOS, dan Microsoft Windows. Ini adalah bagian dari "Affinity trinity" bersama Affinity Photo dan Penerbit Affinity yang belum dirilis. Affinity Designer tersedia untuk pembelian di Mac App Store, iOS App Store, dan Microsoft Store

No comments:

Post a Comment